Kuis Teori Organisasi Umum 2
Materi Ruang lingkup ekonomi
Soal :
1.
Jelaskan tentang definisi dari ekonomi dan
perekonomian (Minimal 3 definisi ) ?
2.
Apa saja yang menjadi masalah pokok dalam
ekonomi ? jelaskan !
3.
Bagaimana masalah pokok ekonomi dapat mempengaruhi
mekanisme harga ?
4.
Apa yang dimaksud dengan system perekonomian
?
5.
Jelakan system ekonomi yang berkembang saat
ini ?
Jawab :
1.
Definisi ekonomi menurut para ahli
-
ADAM SMITH: Ekonomi ialah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya
kekayaan negara.
-
MILL J. S: Ekonomi ialah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.
-
PAUL A. SAMUELSON: Ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan
kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh
berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat
2.
Masalah pokok dalam ekonomi ada 3 yaitu:
-
Produksi, menyangkut masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah
kegunaan suatu benda.
-
Konsumsi, menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu
benda.
-
Distribusi, menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada
konsumen.
3.
Bagaimana masalah pokok ekonomi mempengaruhi
mekanisme harga:
-
Apa dan Berapa (What).
Masalah
ini menyangkut persoalan jenis dan jumlah barang/jasa yang perlu diproduksi
agar sesuai kebutuhan masyarakat: apakah bahan makanan yang dipilih? – apakah
pakaian, tempat tinggal atau jasa lain? – serta berapa banyak barang tersebut
diproduksi?
-
Bagaimana (How)
Setelah
jenis dan jumlah produksi dipilih, persoalan yang harus dipecahkan adalah:
bagaimana barang tersebut diproduksi? – siapa yang memproduksi? – sumber daya
apa yang digunakan? – teknologi apa yang digunakan?
-
Untuk siapa.
Setelah
pemecahan persoalan bagaimana memproduksi lebih lanjut adalah: untuk siapa (
for whom) barang yang akan diproduksi? – siapa yang harus menikmati?
4.
Sistem perekonomian adalah sistem yang
digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya
baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar
antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana
cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang
individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua
faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia
berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.
5.
Sistem Ekonomi yang dianut Indonesia adalah
Sistem Ekonomi Campuran, dimana setiap keunggulan dari Sistem Ekonomi Liberal
dan Kapitalis digabungkan, dan kekurangan dari Sistem Ekonomi Liberal dan
Kapitalis dibuang, seperti halnya menyaring. Ada juga yang menyebutnya Sistem
Ekonomi Demokrasi, Sistem Ekonomi Pancasila, dll.
Kuis 2 Teori Organisasi Umum 2
Materi Permintaan dan penawaran
Soal :
6. Jelaskan
definisi dari permintaan dan penawaran ?
7. Jelaskan
hukum dari permintaan dan penawaran ?
8. Jelaskan
factor apa saja yang dapat mempengaruhi hukum permintaan dan penawaran ?
9. Factor
apa saja yang dapat menggeser hokum permintaan dan penawaran ? jelaskna !
10. Buatlah
ilustrasi penentuan harga keseimbangan dalam hokum permintaan dan penawaran ?
(kasus buat sendiri )
Jawab :
1. Permintaan
dan penawaran dalam ilmu ekonomi, adalah penggambarkan atas hubungan-hubungan
di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari suatu barang.
Permintaan adalah sejumlah barang yang
dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
Sedangkan penawaran adalah sejumlah
barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu
2. Hukum
permintaan
“Semakin turun tingkat harga, maka
semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik
tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.”
Hukum penawaran
“Semakin tingi harga, semakin banyak
jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat
harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditwarkan.”
3. Tingkat
permintaan akan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang selalu mengikutinya,
antara lain adalah : perilaku/selera konsumen, ketersediaan dan harga barang
sejenis pengganti dan pelengkap, pendapatan/penghasilan konsumen, perkiraan
harga di masa depan dan banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen.
4. Faktor
yang menggeser hokum permintaan dan penawaran antara lain:
a.Faktor yang menggeser Hukum
Permintaan,yaitu perubahan harga barang itu sendiri dan perubahan factor
ceteris paribus.
b.Faktor yang menggeser Hukum Penawaran
adalah ceteris paribus seperti perubahan teknik produksi,harga barang yang
terkait,biaya produksi dan harga input.
5.
Kuis 3 Teori
Organisasi Umum 2
Materi Perilaku konsumen
Soal :
11. Apa
yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
12. Mengapa
perilaku konsumen perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau
industry ?
13. Jelaskan
pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
14. Faktor
apa yang menentukan perilaku konsumen ?
15. Bagaimana
menyikapi masalah perilaku konsumen ?
Jawab :
1. Perilaku
konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan
pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan
jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
2. Untuk
mendesain bauran pemasaran, mensegmen pasar bisnis, memposisikan dan mendeferensiasikan produk, melaksanakan
analisis lingkungan, mengembangkan studi riset pasar.
3. Terdapat
tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen.
-
Pendekatan pertama adalah pendekatan
interpretif.Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal
yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus
group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen
dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
-
Pendekatan kedua adalah pendekatan
tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif,
sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi.Pendekatan ini bertujuan
mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan
keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survey untuk menguji
coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses
informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap
perilaku konsumen.
-
Pendekatan ketiga disebut sebagai sains
marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.Pendekatan
ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika
berdasarkan hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi
pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang dikenal
dengan sebutan moving rate analysis.
4. Faktor
Sosial : Grup,Pengaruh Keluarga,Peran dan Status.
Faktor Personal : Situasi Ekonomi,Gaya
Hidup,Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan Siklus Hidup,Pekerjaan.
Faktor Psikologi :
Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs and Attitude.
Faktor Kebudayaan : Subkultur dan Kelas
Sosial.
5. Sebaiknya
konsumen tidak mudah terpengaruh keinginan sesaat, telitilah sebeum membeli,
apakah barang yang akan kita beli itu termasuk kebutuhan atau keinginan dan
apakah bermanfaat untuk kita. Selain itu kurangi pembelian barang yang kurang
perlu untuk mengurangi pengeluaran dan mencegah kita menjadi konsumen yang
konsumtif.
Kuis 4 Teori Organisasi Umum 2
Materi Elastisitas
Soal :
16. Apa
yang dimaksud dengan elastisitas ?
17. Mengapa
elastisitas perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
18. Jelaskan
konsep elastisitas harga, silang dan pendapatan ?
19. Faktor
apa yang menentukan tingkat elastisitas ?
20. Bagaimana
menurut anda tentang konsep elastisitas ?
Jawab :
1. Dalam
ilmu ekonomi, elastisitas adalah perbandingan perubahan proporsional dari
sebuah variabel dengan perubahan variable lainnya. Dengan kata lain, elastisitas
mengukur seberapa besar besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan
harga.
2. Agar
sebuah perusahaan bisa memantau perubahan harga dengan baik dan bisa melihat
sejauh mana reaksi konsumen terhadap perubahan harga tersebut.
3. Elastisitas
Harga Permintaan (the price elasticity of demand)
Elastisitas harga permintaan adalah
derajat kepekaan/ respon jumlah permintaan akibat perubahan harga barang
tersebut atau dengan kata lain merupakan perbadingan daripada persentasi
perubahan jumlah barang yang diminta dengan prosentase perubahan pada harga di
pasar, sesuai dengan hukum permintaan, dimana jika harga naik, maka kuantitas
barang turun dan sebaliknya.
Elastisitas Harga Penawaran (The Price
Elasticity of Suply)
Sama hal dengan perhatian elastisitas
harga pada permintaan, maka pengertian elastisitas harga pada penawaran,
diartikan sebagai suatu alat untuk mengukur respon produsen terhadap perobahan
harga, penghitungan elastisitas harga penawaran sama dengan penghitungan pada
elastisitas harga permintaan, hanya saja perbedaan pengertian jumlah barang
diminta diganti dengan jumlah barang yang ditawarkan.
Elastisitas Silang (The Cross Price
Elasticity of demand)
Elatisitas silang adalah elatisitas yang
mengukur tingkat kepekaan perubahan jumlah barang tertentu yang diminta (missal
barang x) akibat perubahan harga barang lain.Elatisitas silang
berlaku bagi barang-barang subtitusi
maupun barang – barang komplementer.
Elastisitas Pendapatan (The Income
Elasticity of Demand)
Suatu perubahan (peningkatan/penurunan)
daripada pendapatan konsumer akan berpengaruh terhadap permintaan berbagai
barang, besarnya pengaruh perobahan tersebut diukur dengan apa yang disebut
elastisitas pendapatan.
4. Factor
– factor yang mempengaruhi elastisitas harga :
· Tingkat subtitusi : makin sulit
mencari subtitusi suatu barang,permintaan makin inelastic
· Jumlah pemakai : makin banyak jumlah
pemakai akan suatu barang makin inelastic
· Proporsi kenaikan harga terhadap
pendapatan konsumen : bila proporsi tersebut besar,maka permintaan cenderung
lebih elatisitas
· Jangka waktu : jangka waktu permintaan
atas suatu barang juga mempunyai pengaruh terhadap elastisitas harga
5. Elastisitas
merupakan salah satu konsep penting untuk memahami beragam permasalahan di
bidang ekonomi. Konsep elastisitas sering dipakai sebagai dasar analisis
ekonomi, seperti dalam menganalisis permintaan, penawaran, penerimaan pajak,
maupun distribusi kemakmuran.
Tugas – Kuis Minggu 5
Jelaskan soal berikut
1. Apa yang dimaksud dengan produsen dan sebutkan
pengkaterorian produsen
2. Apa
yang dimaksud dengan perilaku produsen ?
3. Apa
yang di maksud dengan fungsi produksi ?
4. Apa
yang di maksud dengan least cost combination ?
5. Bagaimana
cara mengoptimalkan produksi ?
Jawab :
1. Produsen
adalah organisasi/kelompok/orang yang menghasilkan suatu barang/jasa yang
mempunyai nilai pakai dan nilai guna untuk dikonsumsi oleh konsumen. Orang yang
memakai atau memanfaatkan barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi
kebetuhan adalah konsumen.
kategori produsen adalah :
- Merupakan organisasi/kelompok/orang
yang bisa menghasilkan atau memproduksi barang atau jasa untuk di jual.
2. Sebuah
usaha produksi baru bisa bekerja dengan baik bila dijalankan oleh produsen atau
yang sering kita sebut pengusaha. Pengusaha adalah orang yang mencari peluang
yang menguntungkan dan mengambil risiko seperlunya untuk merencanakan dan
mengelola suatu bisnis.
3. Fungsi
produksi merupakan interaksi antara masukan (input) dengan keluaran (output).
Misalkan kita memproduksi jeans. Dalam fungsi produksi, jeans itu bisa
diproduksi dengan berbagai macam cara. Kalau salah satu komposisinya diubah
begitu saja, maka hasilnya juga akan berubah. Namun, output dapat tetap sama
bila perubahan satu komposisi diganti dengan komposisi yang lain. Misalnya
penurunan jumlah mesin diganti dengan penambahan tenaga kerja.
4. Least
Cost Combination adalah menentukan kombinasi input mana yang memerlukan biaya
terendah apabila jumlah produksi yang ingin dihasilkan telah ditentukan
5. Optimalisasi
produksi adalah suatu cara meningkatkan nilai dari suatu produksi dengan
pengarus variabel. Cara mengoptimalkan produksi bisa dengan meningkatkan
kualitas produksi, jumlah produksi, manfaat produksi, bentuk fisik produksi,
dan lain-lain.
Kuis minggu ke 6
Jelaskan dengan terperinci :
1. Biaya
dan macam biaya ?
2. Jelaskan
kurva biaya ?
3. Jelaskan
mengapa konsep biaya perlu di pertimbangkan oleh semua organisasi – perusahaan
?
4. Jelaskan
bagaimana perusahaan jika tingkat penjualan sangat rendah tetapi ingin tetap
ada di pasar, konsep biaya seperti apa yang perlu diterapkan ?
5. Coba
anda buat pengkategorian biaya ?
Jawab :
1. Biaya
adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang
dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah
terjadi maupun yang akan terjadi.
Macam-macam biaya :
a. Biaya eksplisit adalah biaya yang
terlihat secara fisik, misalnya berupa uang
b. Biaya implisit adalah biaya yang
tidak terlihat secara langsung, misalnya biaya kesempatan dan penyusutan barang
modal.
2. Kurva
Biaya adalah untuk membuat sebuah grafik dari biaya yang sudah dikeluarkan
kemudian membuat hasil reset dari kurva tersebut apakah perusahaan mengalami
kerugian atau tidak.
3. perusahaan
sebagai salah satu bentuk Organisasi Perusahaan besar yang bergerak di bidang
Jasa atau Produk, dalam memberikan pelayanan kepada kustomer harus mengetahui
dan memahami penggunanya sehingga produk atau jasa yang dihasilkan sesuai
dengan keinginan dan kebutuhan pengguna, kemudian jika konsep biaya itu tidak
sesuai dengan apa yang kita rencanakan atau bahkan melesat maka perusahaan akan
mengalami kerugian atau bangkrut.
4. Jika
suatu perusahaan mengalami tingkat penjualan yang rendah, sebaiknya perusahaan
menggunakan Biaya Pemasaran. Biaya Pemasaran itu sendiri adalah biaya yang
digunakan untuk melakukan pemasaran, jadi saat tingkat penjualan suatu
perusahaan rendah sebaiknya perusahaan melakukan pemasaran dengan lebih baik
dan lebih bagus kualitasnya.
5. Biaya
Penjualan : Biaya Gaji dan Komisi Penjualan; Biaya Advertensi; Biaya Bahan
Pembantu untuk bagian penjualan dan toko; Biaya Depresiasi aktiva tetap bagian
penjualan; Biaya Depresiasi alat pengangkutan penjualan; Biaya yang berhubungan
dengan bagian penjualan.
Biaya Administrasi dan Umum : Biaya Gaji
Pimpinan dan Pegawai Kantor; Biaya bahan pembantu untuk kantor; Biaya
Depresiasi Aktiva tetap kantor; Biaya Telepon, air, listrik, parkir dll.
Kuis minggu ke 7
Jelaskan dengan terperinci :
6. Apa
yang dimaksud dengan penerimaan ?
7. Apa
yang di maksud dengan marginal produk dan marginal revenue ?
8. Jelaskan
konsep perhitungan keuntungan berdasarkan pendekatan total, marginal dan rata –
rata ?
9. Bagaimana
cara memaksimumkan keuntungan ?
10. Buatlah
contoh sederhana perhitungan keuntungan dengan pendekatan total, marginal dan
rata – rata ?
Jawab :
1. Penerimaan
adalah hasil yang di dapatkan oleh produsen dari penjualan barang atau
outputnya kepada konsumen.
2. *
Produk marjinal adalah perubahan output yang terjadi ketika satu unit input
(seperti unit tenaga kerja) ditambahkan.
* Pendapatan marjinal adalah kenaikan
pendapatan total yang terjadi dengan produksi satu unit output tambahan.
3. Terdapat
tiga pendekatan perhitungan laba maksimum yaitu :
* Pendekatan Totalitas (totality
approach) Pendekatan totalitas membandingkan pendapatan total (TR) dan biaya
total (TC). Jika harga jual per unit output (P) dan jumlah unit output yang
terjual (Q), maka TR = P.Q. Biaya total adalah jumlah biaya tetap (FC) ditambah
biaya variable per unit(v) dikali biaya variable per unit, sehingga: π = P.Q –
(FC + v.Q)
* Pendekatan Rata-rata (average
approach) Dalam pendekatan ini perhitungan laba per unit dilakukan dengan
membandingkan antara biaya produksi rata-rata (AC) dengan harga jual output (P)
kemudian laba total dihitung dari laba per unit dikali dengan jumlah output
yang terjual sehingga π = (P - AC).Q
* Pendekatan Marginal (marginal
approach) Perhitungan laba dilakukan dengan membandingkan biaya marginal (MC)
dan pendapatan marginal (MR). Laba maksimum akan tercapai pada saat MR = MC
sehingga π = TR – TC.
4. Cara
Memaksimumkan Keuntungan :
Keuntungan atau kerugian adalah
perbedaan antara hasil penjualan dan biaya produksi. keuntungan diperoleh
apabila hasil melebihi dari biaya produksi,dan kerugian akan dialami apabila
hasil penjualan kurang dari biaya produksi .Keuntungan yang maksimum dicapai
apabila perbedaan diantara hasil penjualan dan biaya produksi mencapai tingkat
yang paling besar.
5.
Kuis minggu ke 8
Jelaskan dengan terperinci :
11. Apa
yang dimaksud dengan pasar ?
12. Jelaskan
jenis dari pasar ?
13. Apa
yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna ?
14. Bagaimana
cara memaksimalkan keuntungan dalam pasar persaingan sempurna ?
15. Sebutkan
kebaikan dan kelemahan dari pasar persaingan sempurna ?
Jawab :
1. Pasar
adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Di
pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah
kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. Syarat terjadinya transaksi adalah ada
barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga
barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
2. Jenis
pasar menurut bentuk kegiatannya
a. Pasar nyata adalah pasar dimana
barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh
pasar tradisional dan pasar swalayan.
b. Pasar abstrak adalah pasar dimana
para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli
secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh
pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya
a. Pasar tradisional adalah pasar yang
bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar
menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang
berupa barang kebutuhan pokok.
b. Pasar Modern adalah pasar yang
bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan
denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza,
dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan
distribusi
a. Pasar Lokal
b. Pasar Daerah
c. Pasar Nasional
d. Pasar Internasional
3. Pasar
persaingan sempurna adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli
yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
4. Dalam
jangka panjang perusahaan dalam persaingan sempurna akan mendapat untung
normal, dan untung normal ini dicapai apabila biaya produksi adalah yang paling
minimum.
Dalam jangka panjang keadaan ini berlaku
: harga = hasil penjualan marjinal = biaya marjinal. Kesamaan ini membuktikan
bahwa pasar persaingan sempurna juga mencapai efisiensi alokatif.
5. a.
Efisiensi Produktif
Untuk mencapai efisiensi produktif harus
dipenuhi dua syarat. Yang pertama, untuk setiap tingkat produksi, biaya yang
dikeluarkan adalah yang paling minimum. Gabungan yang paling efisien adalah
gabungan yang mengeluarkan biaya yang paling sedikit. Syarat yang kedua,
industri secara keseluruhan harus memproduksikan barang pada biaya rata-rata
yang paling rendah, yaitu pada waktu kurva AC mencapai titik yang paling
rendah.
b. Efisiensi Alokatif
Alokasi sumber-sumber daya mencapai
efisiensi yang maksimum apabila dipenuhi syarat berikut : harga setiap barang
sama dengan biaya marjinal untuk memproduksikan barang tersebut. Produksi harus
terus dilakukan sehingga tercapai keadaan dimana harga = biaya marjinal. Dengan
cara ini produksi berbagai macam barang dalam perekonomian akan memaksimumkan
kesejahteraan masyarakat.
0 komentar:
Posting Komentar