RSS

Seberapa penting belajar bahasa asing

Sejak TK kita sudah di perkenalkan bahasa asing, di Indonesia Bahasa Inggris merupakan bahasa kedua (second language), sedangkan secara umum Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional. Memiliki kemampuan berbahasa inggris sangat diperlukan agar sumber daya manusia kita tidak tertinggal oleh bangsa lain. Apalagi dengan keadaan sekarang yang serba modern dan teknologi yang semakin maju, tingkat kemampuan sumber daya manusiapun juga harus setara. Namun, bukan berarti dengan mempelajari bahasa asing kita melupakan bahasa tanah air kita sendiri. Sebaliknya, merupakan salah satu tuntutan penting yang harus dijadikan acuan agar dapat lebih bersemangat untuk mempelajarinya. tulisan ini, saya tulis, untuk memberikan motivasi kepada pembaca (kalangan umum), juga untuk melaksanakan tugas saya di tempat saya bekerja, sehingga optimalisasi pengembangan fungsi unit bahasa (di tempat saya bekerja)dapat berjalan dengan efektif, yang pada akhirnya mampu memfasilitasi pengunjung/pengguna untuk meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan bahasa, salah satunya yaitu bahasa inggris.

Beberapa informasi yang saya peroleh, dapat menjadi bukti nyata bahwa saat ini bahasa inggris sudah menjadi sebuah kebutuhan, terutama di kalangan akademisi;
1. Jurnal ilmiah yang bersirkulasi di antara universitas elit dunia tercetak dalam bahasa Inggris.
2. Bahan referensi yang tersedia di universitas-universitas di Indonesiapun secara tidak langsung mengharuskan kita untuk membekali diri dengan pengetahuan bahasa Inggris.
3. Informasi yang tersedia saat ini mensyaratakan pengetahuan bahasa Inggris yang akan sangat membantu dalam menambah pengetahuan dan memperluas wawasan. Sebagai contoh: website populer di dunia internet lebih banyak menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar untuk artikel, di dalamnya disajikan pula dengan bahasa pengantar Inggris.
4. Buku-buku ilmiah banyak yang diterbitkan dalam bahasa Inggris, karena untuk memperoleh pasar yang luas banyak penerbit yang menerbitkan bacaan dalam bahasa Inggris. Apabila ada bahan bacaan yang terbit dalam bahasa non-Inggris, maka terjemahan bahasa Inggrispun pasti langsung dibuat dan dipasarkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar